Opini  

Peran Jurnalis dalam Pendidikan

banner 120x600
banner 468x60

 107 total views

Oleh: Vivo Trialito, Pimpinan Umum Narasi24

banner 325x300

AKTIVITAS Junalistik dalam pemanfaatan media massa baik elektronik maupun cetak khususnya, telah banyak membawa pengaruh besar bagi perkembangan di berbagai aspek, hingga bidang pendidikan.

Jurnalistik merupakan suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara menyiarkan berita ataupun ulasannya mengenai berbagai peristiwa atau kejadian sehari-hari yang aktual.

Bagaimana peran serta jurnalis dalam mengembangkan pendidikan ?

Seorang jurnalis atau wartawan hendaknya tidak hanya sekedar membuat berita saja. Menurut Pengamat pendidikan Ikhsyat Sukur, jurnalis dapat menjadi suatu profesi yang mulia karena bisa menyampaikan informasi yang baik kepada masyarakat luas. Karena peran strategis tersebut, seorang wartawan dituntut untuk ikut serta dalam membantu memperbaiki pendidikan di Indonesia.

sehingga bisa ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Semua itu sesuai dengan Pembukaan UU 1945 terkait cita-cita bangsa.  Pers punya peran penting untuk membantu mencapai cita-cita kemerdekaan atau pendiri bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Peran pers sejatinya ikut membangun infrastruktur pendidikan yang berkualitas, pemberitaan yang disebarkan bisa dari berbagai arah sehingga kualitas pendidikan semakin membaik. Media pers dibutuhkan sebagai infrastruktur penyebaran informasi dari berbagai arah dalam dunia pendidikan, memberi penerangan, dorongan semangat, serta kritik membangun. Jaringan infrastruktur informasi menjadi sangat penting, terutama ketika pendidikan harus berkommunikasi dengan ekosistemnya. Media akan menjadi sarana penyampaian informasi berbagai hal tentang pendidikan, termasuk perkembangan dan kebudayaan global yang masuk ke Tanah Air dan mempengaruhi gaya hidup peserta didik di semua jenjang pendidikan.

Pers mampu menyampaikan informasi dari luar pendidikan dan dari dalam pendidikan untuk menyampaikan informasi penting, termasuk pencapaian-pencapaian bidang pendidikan.

Pedoman dalam pemberitaan pers, ada dalam Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. (*)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *