Kementrian Kominfo Gelar Sosialisasi Analog Switch Off dan seremoni Penyerahan STB

banner 120x600
banner 468x60

 38 total views

BANDAR LAMPUNG – Kementrian Kominfo menggelar kegiatan Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan seremoni penyerahan Set Top Box (STB) bersama dengan komisi I DPR RI. STB diserahkan pada 10 orang, kegiatan digelar secara Vitual. Selasa (6/9)

banner 325x300

Mengawali kegiatan, Alimin Abdullah anggota DPR RI Komisi I Fraksi PAN, mengucapkan syukur atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi dan permohonan maaf, karena belum dapat maksimal dalam pembagian set top box.

“Pertama kita bersyukur alhamdulillah kita bisa melakasanakan acara yang sudah kita tunggu. Sempoga program ini dapat membantu mansyarakat kita dapat menggunakan program tv analog ke tv digital. Mohon maaf di dapil saya mendapat jatah set top box nya belum semua, semoga hari ini kita bisa memanfaatkan acara yang telah dilaksanakan dan dapat menggunakan alat yang diberikan.
Saya mohon maaf hari ini saya tidak bisa hadir di Lampung, semoga semua peserta dapat memahami acara kita hari ini dan dapat melakukan tanya jawab dengan narasumber,” katanya.

Sementara dalam paparannya, Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si Staf Khusu Menteri Kominfo Indonesia mengatakan, akan memberhentikan siaran tv analog, Undang-undang cipta kerja: dari sektor pos, telekomunikasi dan penyiaran, dalam waktu 2 tahun tv analog harus diberhentikan dan diganti ke siaran tv digital.

“Optimalisasi pita 700 mhz untuk transformasi digital: 5 langkah percepat transformasi digital yaitu segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan internet. Persiapkan roadmap transformasi digital di sector-sektor strategis. Baik di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan industri maupun penyiaran. Percepat integrasi pusat data nasional. Siapkan kebutuhan SDM talenta digital. Yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan segera disiapkan secepat-cepatnya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, Pita frekuensi 700 MHz merupakan pita frekuensi ”emas” untuk peningkatan layanan internet, namun di Indonesia penggunaannya masih hanya untuk siaran televisi analog. Dengan digitalisasi sistem penyiaran televisi, maka penggunaan pita frekuensi akan lebih optimal dan hasil efisiensinya (disebut Digital Dividend) dapat digunakan untuk pemerataan infrastruktur digital dan peningkatan layanan internet.

Boston Consulting Group memperkirakan manfaat dari Digital Dividend dengan peningkatan Internet di Indonesia, maka dalam lima tahun akan menghasilkan multiplier effect. 232 ribu penambahan lapangan kerja baru. 118 ribu penambahan peluang usaha baru.

Urgensi kepentingan publik untuk memperoleh penyiaran yang berkualitas, efisiensi penggunaan frekuensi guna mendorong ekonomi digital dan industry di era 4.0, penataan frekuensi guna mendorong ekonomi digital dan industry di era 4.0, tersedia digital dividen untuk alokasi frekuensi broadband 5G yang akan digunakan, menghindari sengketa sengketa dengan negara-negara tetangga yang disebabkan intervensi spectrum frekuensi di wilayah-wilayah perbatasan.
Perbedasan siaran tv analog dan siaran tv digital, tv analog dirancang untuk suara, sinyal yang dipancarkan berupa sinyal analog (sinyal ditangkap antena), kualitas gambar bersih dan suara jernih jika dekat dengan pemancar.

Menggunakna pancaran dengan memodulasikannya langsung pada pembawa frekuensi, banyak terdapat noise dan biaya penyiaran tinggi. Sedangkan tv digital dirancang untuk suara dan data, sinyal yang dipancarkan berupa sinyal system siaran digital, tak perlu dekat dengan [emancar untuk mendapatkan gambar bersih dan suara jernih, data terlebih dahulu dikodekan dalam bentuk digital, baru dipancarkan. Tayangan bersih suara jernih serta biaya penyiaran yang rendah.

” Bagaimana cara mengecek sinyal tv digital di daerah. Download aplikasi sinyal TV digital di google play store /Apple store. Install aplikasi, dan setelah terpasang jalankan aplikasi. Aplikasi akan meminta izin akses lokasi anda, klik izinkan. Aplikasi akan menampilkan map sesuai lokasi. Set Top Box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di tv analog biasa. Set top box ini sudah mendukung digital video broadcasting – second generasion terrestrial (DVB-T2). Set Top Box tidak memerlukan antene parabola dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antene televise biasa (UHF) Cara men-setting siaran tv digital yaitu, pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran televise digital, gunakan antenna biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor), pastikan bahwa pesawat televise sudah dilengkapi dengan penerima siaran televise digital DVBT2, jika televisi hanya bisa menerima siaran analog, pasnag STB. Setelah perangkat televise tersambung, pilih opsi pengaturan/ setting, pilih auto scan untuk memindai program-program siaran televise digital,” ujarnya.

Ditambahkannya juga bahwa Langkah-langkah mencari siaran tv digital dengan set toip box: pastikan televisi dalam keadaan AV, bila terdapat beberapa AV pada televise, sesuiakan dengan koneksi STB apakah AV1, Av2 dan seterusnya. Setelah ditentukan, nyalakan STB, tekan tombol menu pada remot STB, cari menu pencarian saluran dan pilih pencarian otomatis hingga pencarian dilakukan pilih simpan dan selesai.

” Mekanisme pendistribusian bantuan STB untuk rumah tangga miskin, petugas melakukan verifikasi dan validasi KTP dan KK calon penerima bantuan yang terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kemensos. Apabila penerima bantuan tidak dapat menunjukan KTP dan/atau KK (hilang atau dalam prose) maka dapat menunjukan surat keterangan dari RT/RW. Apabila penerima bantuan sedang sakit, tidak berada dirumah atau meninggal dunia, maka bantuan dapat diberikan ke anggota keluarga (dam 1 KK), petugas memberikan tanda terima yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan berupa berita acara tanda terima atau berupa dokumen elektronik. Layanan informasi telepon 159, saluran resmi kementian Komunikasi dan informatika,” tandasnya.

Sedangkan Megel Jekson dari CBDO Aktual.com menerangkan bahwa Analog switch off, penghentian siaran analog, merupakan Pengertian transisi atau peralihan ke siaran digital adalah suatu proses di mana teknologi penyiaran televisi analog dikonversi ke televisi digital. Proses transformasi digital yang menginginkan perubahan kualitas penyiaran dan efisiensi pemanfaatan ruang frekuensi. Penataan ulang frekuensi: dari 700 Mhz ke 112 Mhz.

” Latar belakang, amanat UU Cipta Kerja menjalankan amanat dari Pasal 60A Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran sebagaimana diubah oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Siaran TV yang Lebih Berkualitas Menghasilkan siaran televisi yang lebih berkualitas, jernih, dan bersih bagi masyarakat. Infrastructure Sharing Meningkatkan efisiensi penyelenggaraan siaran Lembaga Penyiaran melalui infrastruture sharing. Pemerataan Internet Melakukan pemerataan akses internet, keperluan pendidikan, sistem peringatan kebencanaan atau kegunaan lainnya dari hasil efisiensi penggunaan spektrum frekuensi. Mengejar Ketertinggalan Indonesia Mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lainnya yang telah menyepakati penataan spektrum untuk layanan televisi dan telah menyelesaikan ASO sehingga ASO perlu segera dilakukan untuk menghindari potensi permasalahan di wilayah perbatasan,” katanya.

Dirinya menjelasakan Keuntungan menggunakan tv digital, yakni layanan Televisi akan lebih berkualitas dan interaktif, Program tayangan televisi lebih beranekaragam ,Kualitas siaran lebih jernih dan canggih, Siaran televisi berkualitas lebih merata diakses masyarakat di seluruh Indonesia, Menghilangkan (gangguan) interferensi ke negara tetangga, Kualitas siaran tidak rentang dengan cuaca buruk.

Manfaat di daerah, Memunculkan keberagaman konten penyiaran, Menumbuhsuburkan kehadiran penyedia konten lokal di daerah, Timeline analogswitch off, tahap pertama pada tanggak 30 april 2022, adda 56 wilayah siaran yang mencakup 166 kabupaten/kota. Tahap kedua, 25 agustus 2022, 31 wilayah siaran yang mencakup 110 kabupaten/kota. Tahap ketiga 2 november 2022, 25 wilayah siaran yang mencakup 65 kabupaten/kota

” Hak masyarakat mendapatkan Bantuan Set Top Box Gratis dari Pemerintah dan Lembaga Penyiaran (Bagi rumah tangga miskin dan penerima Bansos), Di kabupaten/ Kota di provinsi Lampung, Pembagian Set Top Box dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Lembaga penyiaran dalam pengoperasian multiplexing dapat menyiarkan hingga 10 program secara bersamaan. Hal ini akan berimplikasi pada biaya infrastruktur yang lebih efisien, Johnny G Plate – Menteri Komunikasi dan Informatika,” terangnya.

Sementara dalam sesi tanya jawab, Riski Prasetyo menanyakan Mengenai sosialisasi aso di Lampung, apakah nanti rencananya tgl 2 november nanti seperti apa persiapannya dan kriteria pelaksanaan aso dan sosialisasinya? Apa bedanya tv digital dengan streaming youtube dan parabola?

Jawaban : Persiapan selama 2 th kominfo bekerja sama dengan lembaga penyiaran jadi infrastuktur yang dibangun untuk tv swasta dan TVRI mendapat anggaran dari kementrian kominfo dan kedua persiatpan untuk set top box demngan meberikanb bantuan set top box untuk rumah tangga miskin, Tv digital siaran langsung menggunakan antena biasa, beda dengan tv langganan yang menggunakan parabola, tv digital menggunakan antena biasa.

Salafudin, Bagaimana ibu pengasawan dpr komisi I agar pembagian set top box tepat sasaran? Bagaimana agar bantuan ini tepat sasaran?
Megal: apakah tv diugital ini nantinya bebas dari tayangan pornografi dan kekerasan?

Jawaban: Untuk penerima stb sudah ada daftar nama dan alamatnya, jadi selain itu tidak bisa mendapatkan stb. Basis data awalnya dari kementrian sosial yang biasda menrima bantuan pkh yang menggunakan tv Penyiaran mempunyai kode etik penyiaran yang tidak bvoleh menyiarkan konten-konten pornografi dan lainnya. Kominfo dan Kpi akan menjadi lembaga pertama untuk penyiaran tv digital ini

Rian andri wibowoi, Bagaimana upaya kominfo untuk memmpercepat infrastruktur peralihan tv analog ke tv digital dengan daerah daerah kecil yang masih susah sinyal. Siaran digital dengan frekjuensi internet itu dua hal yang berbeda yang menggunakan layanan yang disediakan oleh siaran tv nya.

Dedi irawan, Bagaimana tentang daerah yang belum terjangkau kualitas sinyalnya seperti daerah terpencil? Semoga kominfo kedepan jauh lebih memperhatikan apa yang berkembang di Lampung, basis tv digital lebih menggunakan layanan yang ada di channelnya.
Jumlah diwilayah lampung bisa diliat di website aso.

Ahdiyana kabib, Tahapan aso ini masih masyarakat yang belum tau jadi bagaimana penyebaran aso ini? Tv digital bergantung pada kualitas siaran tv nya, mungkin seiring berjalannya waktu akan menjadi tumbuh berkembang.

Diakhir kegiatan Megel Jeksen menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya kinerja kominfo dalam memberikan tontonan yang baik untuk masyarakat.

” Lagi lagi saya tegaskan ini adalah upaya kinegara kominfo terkait kualitas siaran tv untuk masyarakat kita, yang adanya prises dinamis yang adanya siaran kita masyarakat Indonesia, mendapatkan siaran tv yang lebih berkualaitas. Dan kita dapat mempersiapkan diri untuk menganti siaran tv analognya menjadi tv digital yang lebih berkualitas,” tandasnya.

Sementa Alimin Abdullah anggota DPR RI Komisi I Fraksi PAN, mengucapkan terimakasih dan berharap pemerintah dapat membagikan set top box kepada masyarakat yang membutuhkan.

” Terimakasih kepada penyelanggara dan narasumber yang memberikan penyejelasan untuk konsituen assay di Lampung. Memang suatu perubahan ini tidak dapat dilakukan secara lansung. Kami berharap agar pemerintah dapat memberikan set top box ini kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya. (*)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *