Fakultas Teknik Unila Gelar Seminar Nasional Ilmu Teknik dan Aplikasi Industri 2022

banner 120x600
banner 468x60

 26 total views

Bandarlampung,- Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Teknik dan Aplikasi Industri (SINTA) tahun 2022, Kamis hingga Jumat, 6-7 Oktober 2022, di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung.

banner 325x300

Ketua panitia kegiatan Dr. Eng. Ir. Mardiana, S.T., M.T., mengatakan, seminar nasional Sinta 2022 yang digelar kali kelima tahun ini melibatkan 74 pemakalah dari berbagai daerah di Indonesia.

Adapun makalah yang disajikan membahas berbagai keilmuan teknik mulai dari teknologi jalan, irigasi, konstruksi, virtual reality, material, pengelolaan sampah, hingga kendaraan listrik.

Selain Plt. Rektor Unila Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed., kegiatan turut dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik FT Unila Dr. Muhammad Irsyad, S.T., M.T., Wakil Dekan Bidang FT Unila Vera Agustriana Noorhidana, S.T., M.T., Ph.D., Ketua Jurusan Teknik Elektro FT Unila Herlinawati, S.T., M.T., dan Kaprodi PS PPI FT Unila Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., ASEAN. Eng.

SINTA diinisiasi mulai pada tahun 2018 untuk dapat dimanfaatkan sebagai sarana sharing dan komunikasi ilmiah oleh para peneliti dan pelaku industri dari seluruh Indonesia dalam konteks penelitian di bidang ilmu teknik dan pada hilirnya dapat menjadi aplikasi industri yang bermanfaat.

“Pada tahun ini Seminar Nasional Ilmu Teknik dan Aplikasi Industri mengusung tema Inovasi Smart Green Technology di Era Pascapandemi,” ujar Dr. Muhammad Irsyad, S.T., M.T., dalam sambutan mewakili dekan FT Unila.

Plt. Rektor Unila Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed., saat membuka acara SINTA 2022, menyampaikan, kebutuhan dunia akan perkembangan teknologi semakin besar. Sejak 2019, Kemdikbud sudah mulai menerapkan fleksibilitas dalam kerangka pembelajaran di bidang pendidikan yang termasuk penerapan tridarma.

Era Kampus Merdeka memiliki ciri yang memberikan warna lain kepada para dosen. Dosen akademik perlu ke luar dari kampus untuk memenuhi kebutuhan dunia industri. Pelibatan mahasiswa menjadikan kegiatan tersebut sebagai case based learning. Sebaliknya, ketika kita melibatkan dunia industri, itulah yang disebut problem based learning. Di seminar nasional SINTA ini kesempatan tersebut bisa diraih.

Sekretaris Panitia SINTA 2022 Ir. Martinus, S.T., M.Sc., mengungkapkan, ada tiga keynote speaker yang menyajikan paparannya, yaitu Nizar Marizi, Ph.D., (Kepala Subdirektorat Pengembangan Konservasi Energi Bappenas), Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM (Ketua LPPM Universitas Lampung), dan YB Andhi Marjono, Ph.D. (Head of Hydro Power Plants Adaro Energy) yang dimoderasi Dr. Ir. Nandi Haerudin, S.Si., M.Si., IPM.

Selain itu, pelaksanaan seminar sesi paralel dibagi dalam enam room di mana moderator untuk room 1 oleh Zulmiftah Huda, S.T., M.Eng., room 2 oleh Puput Budi Wintoro, S.Kom., M.T.I., room 2 oleh Anisa Ulya Darajat, S.T., M.T., room 4 oleh Resty Annisa, S.ST., M.Kom., room 5 oleh Dr. Eng. F. X. Arinto Setyawan, S.T., M.T., room 6 oleh Rio Ariesta Pradipta, S.Kom., M.T.I., dan room 7 oleh Siti Nurul Khotimah, S.T., MSc. [Humas/Rilis]

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *