Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Pringsewu

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Resmikan Monumen Perjuangan CPM

23
×

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Resmikan Monumen Perjuangan CPM

Share this article
Example 468x60
Spread the love

Loading

PRINGSEWU – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, didampingi Ws.Danpuspomad Mayjen TNI Eka Wijaya Permana, meresmikan Monumen Perjuangan Corps Polisi Militer (CPM) Kompi C Batalyon Garuda di Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Rabu (5/6/2024)

Example 300x600

Monumen tersebut dibangun di atas tanah milik Alm.Bapak Mustajam, seorang pejuang rakyat, yang dihibahkan oleh ahli warisnya kepada negara. Pendirian monumen ini bertujuan untuk mengenang jasa dan perjuangan CPM Kompi C Batalyon Garuda serta para laskar pejuang yang telah berkontribusi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dalam sambutannya, KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan Monumen Perjuangan CPM ini melambangkan pelestarian nilai perjuangan dan semangat Satya Wira Wicaksana, yang berarti sebuah tekad untuk selalu mengedepankan keperwiraan dan patriotisme.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga menekankan pentingnya mengenang dan menghargai sejarah perjuangan bangsa.

“Monumen ini tidak hanya sebagai simbol penghormatan kepada para pahlawan, tetapi juga sebagai pengingat bagi kita semua akan nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan yang telah mereka lakukan demi kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Monumen Perjuangan CPM Kompi C Batalyon Garuda yang terdapat Patung kepala Gajah Mada sebagai simbol keperwiraan prajurit Polisi Militer TNI-AD, menggambarkan perjuangan Kompi C Batalyon Garuda yang merupakan anggota CPM yang sebelumnya bernama Polisi Tentara dalam mempertahankan Desa Panggungrejo dari Agresi Militer Belanda II tahun 1949. Peristiwa heroik dan bersejarah ini menjadi tonggak penting dalam sejarah perkembangan Polisi Militer di Indonesia.

Selain meresmikan Monumen Perjuangan Corps Polisi Militer, KASAD juga meresmikan pembangunan sumur bor, dan tiga tempat ibadah yang telah direnovasi oleh Puspomad. Setelah peresmian Kasad menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa fasilitas seperti sumur bor, Gereja Kerasulan Baru, Mushola Miftahul Huda, dan Pura Astawa Yoga.

Kunjungan ini juga menunjukkan kepedulian KASAD terhadap keberagaman dan keberlangsungan fasilitas-fasilitas yang mendukung kesejahteraan masyarakat setempat. Semangat kebersamaan dan nasionalisme yang terpancar dalam acara ini diharapkan dapat terus menginspirasi generasi muda untuk menjaga dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa.

Turut hadir pada peresmian tersebut, Ws.Danpuspomad Mayjend TNI Eka Wijaya Permana, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Naudi Nurdika, Irpuspomad Brigjen TNI Rahmat Sapri, Dircab Brigjen TNI Sain Mustain, Dirum Puspomad Brigjen TNI Bayu Aji Widodo, Dansatidik Puspomad Brigjen TNI M.Yusrif Guntur.

Selanjutnya, Danrem 043 Garuda Hitam Brigjen TNI Rikas Hidayatulloh, Danpomdam II Sriwijaya, Kapolda Lampung Irjen Polisi Helmy Santika, Pelaksana Harian Pj. Bupati Pringsewu Heri Iswahyudi, serta Ketua DPRD beserta jajaran forkopimda setempat. (*/ Isnanto Hapsara, S.Kom.)

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *