Berita  

Pesta Rakyat Simpedes Sukses Hadirkan 55 Ribu Warga Bandar Lampung

banner 120x600
banner 468x60

 58 total views

Lampung, 26 September 2022 – Pesta Rakyat Simpedes 2022 kembali sukses digelar PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Gelaran PRS yang dimulai dari tanggal 23 hingga 25 September 2022 kali ini menyapa warga Bandar Lampung di Lapangan Saburai, Bandar Lampung. Dengan mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan” dan mengusung enam (6) pilar: Pasar, Peduli, Pojok X’sis, Pawai, Panen, dan Panggung ini PRS BRI konsisten memberikan dukungan penuh terhadap UMKM melalui layanan edukasi digital dan keuangan kepada masyarakat. Penyelenggaraan kegiatan ini dihadiri lebih dari 55 ribu pengunjung, serta melibatkan 118 UMKM dari Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

banner 325x300

BRI menyampaikan kegiatan PRS ini diharapkan mampu menjadi pendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya UMKM di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Senior Executive Vice President Fixed Asset Management and Procurement BRI, “Regional Office Bandar Lampung telah berkontribusi terhadap permodalan kepada pelaku usaha UMKM dan berbagai sektor produksi lainnya di Provinsi Lampung dan Bengkulu. Selain itu, masih dalam rangkaian kegiatan PRS, gerakan literasi digital yang dilakukan mulai tanggal 18 hingga 22 September kemarin, kita berhasil mengakuisisi sebanyak 7.100 yang terdiri dari Tabungan Simpedes, aktivasi BRImo dan QRIS yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI”, ujar Hendro Padmono.

Para pelaku UMKM yang hadir pada acara ini juga diberikan pelatihan-pelatihan melalui Kelas UMKM, Workshop, dan Kelas Inklusi Keuangan yang membahas terkait dengan bagaimana mengelola keuangan, membahas persaingan industri, dan belajar digitalisasi untuk masa depan UMKM agar para UMKM mampu lebih Pede dalam berbisnis, serta memiliki pemahaman yang lebih dalam pengembangan bisnisnya. Selain itu, program Pasar UMKM juga membantu para UMKM untuk memperluas pasar mereka dalam memasarkan produknya.

Hal tersebut disampaikan juga oleh pelaku UMKM yang ikut pada acara ini. “Melalui event ini tentunya membantu kami para UMKM untuk memperluas pasar, lalu saat kami merintis bisnis kami juga dibantu modal oleh BRI untuk memulai usaha kami, selain itu kami juga banyak diberi pelatihan agar bisa terus mengembangkan usaha kami,” ujar Acil selaku pemilik salah satu UMKM binaan BRI, Acil’s Craft. “Saya juga memiliki dampak yang signifikan, modal awal kami dibantu BRI, diberi pelatihan dan juga dibantu promosi oleh BRI, sehingga bisnis kita bisa terus berkembang, ujar pemilik Kuralin Bag, UMKM binaan BRI.

Program literasi digital yang digelar pada penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes Kota Lampung ini mewajibkan para pengunjung untuk melakukan scan QRIS melalui aplikasi BRImo sebesar Rp1,-. Hal ini bertujuan agar para pengunjung mendapatkan pengalaman melakukan pembayaran secara digital. Selain itu, pembayaran digital juga diterapkan pada seluruh booth UMKM yang hadir dalam acara PRS Lampung ini dengan harapan agar dapat memudahkan seluruh pengunjung untuk bertransaksi secara non-tunai tanpa menggunakan uang fisik. Seperti yang disampaikan oleh Yohanna salah satu pengunjung yang berasal dari Lampung, “Adanya QRIS pada aplikasi BRImo ini sangat mempermudah masyarakat untuk mengakses keuangan digital. Hanya melalui scan saya bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat tanpa harus membawa uang tunai”, ujar Yohanna.

Pertunjukan Seni Lokal Hingga Nasional Ramaikan PRS 2022
Penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Kota Lampung kali ini turut menyuguhkan berbagai macam pertunjukan para seniman lokal hingga nasional. Mulai dari pertunjukan pawai yang diikuti berbagai komunitas seni, serta penampilan artis lokal hingga nasional seperti Mas Karyo, Mawar Pantura, Kangen Band, Padi Reborn, Repvblik, Yenni Inka, hingga Kahitna turut hadir memeriahkan acara ini. Selain itu, program lainnya seperti Panggung Masak, Panggung Tawa, Zumba, Panggung Ilmu, Pojok X’sis, Panen Hadiah, hingga Program Peduli juga ikut hadir mengisi semarak acara pada tiga hari pergelaran PRS BRI 2022 di Lampung.

Acara Pesta Rakyat Simpedes BRI di Bandar Lampung ditutup dengan penampilan band lokal hingga band nasional yaitu, Mawar Pantura, Yeni Inka, dan Kahitna. Selain itu, Grand Prize 1 unit motor Fazio juga diumumkan bagi pengunjung yang beruntung. Antusiasme pengunjung juga terlihat pada area Mini Stage Menara Keberuntungan dan Pojok X’sis sebagai area permainan dan diakhiri antusiasme pengunjung pada area Panggung untuk menonton penampilan dari band lokal hingga band tanah air.

Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat dihadiri pengunjung secara langsung di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *