PKM Unila Bantu Pelestarian Budaya Lampung

banner 120x600
banner 468x60

 26 total views

BANDARLAMPUNG — Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Lampung (Unila) dilakukan secara kolaboratif oleh para civitas akademika lintas fakultas di Desa Negeri Katon kabupaten Pesawaran pada tahun 2022 dalam membantu pelestarian budaya Lampung yang meliputi berbagai aspek mulai dari bisnis, hukum, teknik, sejarah, budaya, sosial, sampai dengan wisata.

banner 325x300

Capaian tersebut dimungkinkan karena ada lima tim PkM Unila yang turun langsung ke Desa Negeri Katon. Desa Negeri Katon juga merupakan desa binaan Universitas Lampung dari Puslit Budaya Lampung yang dipimpin oleh Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si.

Kegiatan Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila telah dilaksanakan beberapa kali mulai dari bulan Juli sampai dengan bulan September. Kegiatan yang telah dilaksanakan di bulan Juli adalah “Workshop Peningkatan Kapasitas Bisnis Melalui Pendampingan Branding Produk Tapis Desa Negeri Katon Untuk Mendukung Desa Mandiri” dan “Diseminasi Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung dalam Pengayaan Budaya Lampung” yang dilaksanakan di Gedung Galeri Tapis Negeri Katon, Desa Negeri Katon, Pesawaran. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 30 orang.

Antusiasme para peserta cukup tinggi, terlihat dari semangatnya untuk berbagi pada sesi diskusi. Acara tersebut didampingi oleh Ibu Redawati selaku Koordinator Gedung Galeri Tapis Negeri Katon.

Pengrajin tapis juga banyak yang berbagi suka duka bisnis sebagai pengrajin. Ibu Gita Paramita Djausal, S.IP, M.B.A (FISIP) yang menjadi Ketua Tim “Workshop Peningkatan Kapasitas Bisnis Melalui Pendampingan Branding Produk Tapis Desa Negeri Katon Untuk Mendukung Desa Mandiri” mengungkapkan bahwa banyak tahapan dalam membangun bisnis, tidak bisa berhenti sampai di produk saja. Harapannya melalui workshop, pengrajin tapis dapat mengangkat nilai dari tapis yang dihasilkan.

Pada bulan Agustus, kegiatan Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila yang dilaksanakan adalah “Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga dan KDRT di Desa Negeri Katon, Pesawaran”, “Inisiasi Pembentukkan Desa Wisata Negeri Katon Melalui Pemberdayaan Masyarakat”, “Penguatan Kapasitas SDM Anggota UMKM Tapis Jejama di Desa Negeri Katon Kabupaten Pesawaran”, dan termasuk kegiatan lanjutan dari PkM Unila yang telah dilaksanakan pada bulan Juli. Banyak ilmu yang didapatkan peserta dalam kesempatan ini, misalnya pada kegiatan “Penyelesaian Sengketa Hukum Keluarga dan KDRT di Desa Negeri Katon, Pesawaran” melalui materi disampaikan oleh pak Deni Achmad, S.H., M.H. (FH), para ibu rumah tangga memahami apa yang dimaksud dengan KDRT dan apakah peranan hukum dalam sengketa tersebut.

Wisata juga menjadi aspek yang penting dalam menggali potensi budaya Lampung yang ada di desa Negeri Katon Pesawaran. Lewat aplikasi ” Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung” yang dikembangkan, Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. (FT), mengutarakan bahwa pemanfaatan teknologi digital dapat membantu memperkaya pengalaman wisatawan dan ini bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata di desa Negeri Katon. “Desa Wisata perlu dibangun dengan optimal di Desa Negeri Katon karena potensi budaya Lampung yang kental memberikan pengalaman yang istimewa,” ungkap Pak Rinaldi Bursan, S.E., M.Si (FEB).

Pengrajin Tapis di Desa Negeri Katon tergabung dalam UMKM Tapis Jejama yang dibina oleh Ibu Redawati. Ibu Dr. Indah Listiana, S.P., M.Si. (FP) dalam kegiatannya mengupayakan penguatan kapasitas SDM agar para pengrajin tapis memiliki kualitas dan kemampuan produksi yang standar. Ir. Martinus, M.Sc. (FT) memberikan arahan terkait aspek teknis yang diperlukan untuk menghasilkan produk berkualitas.

Pada bulan September, kegiatan Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila terus dilakukan. Didampingi oleh Ibu Fitri Juliana Sanjaya, M.A. (FP) bersama dengan Ibu Redawati, UMKM Tapis Jejama hadir mengisi stan di Expo Dies Natalis Universitas Lampung ke-57.

Tim Kolaborasi Lintas Fakultas PkM Unila terdiri dari para dosen: Gita Paramita Djausal, S.IP., M.A.B. (FISIP), Ika Wulandari Utami Ningtias, M.Pd (FKIP), Fitri Juliana Sanjaya, S.I.P., M.A. (FISIP), Gita Hilmi Prakoso, M.A. (FISIP), Nibras Fadhlillah, M.Si (FISIP), Deni Achmad, S.H., M.H. (FH), Dewi Septiana, S.H.,M.H. (FH), Maya Shafira, S.H., M.H. (FH), Farid, S.H., M.H. (FH), Ir. Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. (FT), Ir. Martinus, M.Sc. (FT), Mahendra Pratama, S.T., M.Eng. (FT), Ir. Agus Hudoyo, M.Sc, Ph.D (FP), Rinaldi Bursan, S.E, M.Si (FEB), RA Diana Widyastuti, S.P., M.Agr (FP), Ir. Indah Nurmayasari, M.Sc. (FP), Dr. Indah Listiana, S.P., M.Si. (FP), Prof.Dr. Ir. Irwan Effendi, M.S.., Dan, para mahasiswa dan alumni: Chintya Wulandari, Salsa Putri Nurbaeti, Iftina Syahda, Rima, Mutia, Nyimas Ririn, Mita Nopia, Rara, Pratama Yuda Bagaskara, Jihan Aferiansyah, Yakub, Ibnu Al Hafidz, Elsa Ariana, Tumara Tuhandika, S.AB., dan Joni, Elsa Riana, dan Safaana Salwa Salsabilla, S.Sos.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membantu masyarakat, termasuk pengrajin tapis, di desa Negeri Katon dan sekaligus memperkenalkan pelestarian budaya Negeri Katon kepada masyarakat umum, baik di Lampung, Indonesia, maupun secara internasional. (*)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *