Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Pringsewu

Dinas Pertanian Pringsewu Kembangkan Anggur Berbagai Jenis 

24
×

Dinas Pertanian Pringsewu Kembangkan Anggur Berbagai Jenis 

Share this article
Example 468x60
Spread the love

Bandarlampung – Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu tengah melakukan pengembangan anggur berbagai jenis. Meski masih dalam tahap pengembangan, namun sejauh ini hasilnya sudah bisa dikonsumsi.

Staf Bagian Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Pringsewu, Luki Adrian menjelaskan untuk pengembangan anggur ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dukungan kegiatan dari pusat untuk pengembangan anggur tersebut.

Example 300x600

“Agar tanaman anggur ini berkembang kita perlu dukungan pemerintah. Dan sejauh ini kita sudah menghubungi pihak Kementerian Pertanian dalam hal dukungan dana,” jelas Luki, Jumat 24 Mei 2024 malam.

Tujuan pengembangan anggur ini adalah untuk mendekatkan sumber produksi anggur. Jadi ke depannya Pringsewu bisa menjadi pusat sumber produksi anggur, sehingga kebutuhan anggur di Lampung bisa surplus.

“Dan Pringsewu bisa memasok kebutuhan anggur di Provinsi Lampung. Jadi kita tidak perlu impor lagi karena sudah bisa (menuju) memasok kebutuhan anggur sendiri,” kata Luki.

Luki menambahkan, Pringsewu merupakan satu-satunya kabupaten yang sudah membentuk asosiasi penggiat anggur untuk dikembangkan. Sementara ini untuk pusat pengembangan anggur ada di Kecamatan Ambarawa.

Jika pengembangan anggur ini bisa berkesinambungan, bukan tidak mungkin akan ada hilirisasi tetapi untuk mewujudkan hal itu tentunya butuh banyak sumber daya.

” Sementara ini kita masih fokus ke pembibitan sehingga ke depan Pringsewu bisa menjadi agrowisata anggur,” pungkas Luki.

Adapun jenis anggur yang tengah dalam pengembangan diantaranya; Evereset Carnaval Flamenco DIXON Duboskyping Moondrop Bogeman Angelica krasava area 15 Akademik Jupiter Heliodor Landys Harold Samurai Oscar Ninel Natalie Shine Muscat Basanti Banana Casanova Beauty Krasotka Gosvi Halloween Husar Julian Livia Monarc Montidor Neheleskol/Black Sanjaku Redjo Penting Ruby romance Smelev Tamaki Nelyur.

Seluruh produk yang ditampilkan Dinas Pertanian Pringsewu selain anggur diantaranya; beras organic, bawang merah, tembakau. KKO, kopi, pisang. (Tim)

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *