UPT Perpustakaan Unila Gelar Perpustakaan Expo 2022

banner 120x600
banner 468x60

 34 total views

Bandarlampung,-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) menggelar Perpustakaan Expo 2022 dengan tema Literasi Sains, Teknologi, dan Seni, di lantai tiga Perpustakaan Unila, Senin, 10 Oktober 2022.

banner 325x300

Selain Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D., kegiatan dihadiri Wakil Rektor Bidang PKTIK Unila Prof. Ir. Suharso, Ph.D., jajaran dekan, kepala perpustakaan, Ketua Dewan Kesenian Lampung Prof. Dr. Satria Bangsawan, S.E., M.Si., dan Ketua Akademi Lampung Ir. Anshori Djausal, M.T.

Dalam laporannya Kepala UPT Perpustakaan Unila Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng. menyampaikan, saat ini Perpustakaan Unila secara bertahap mulai bertransformasi menjadi perpustakaan modern dan meninggalkan paradigma lama, menjadi tempat penyediaan koleksi bahan literatur yang ramah dikunjungi.

“Paradigma lama di mana perpustakaan hanya menjadi tempat penyediaan koleksi bahan-bahan literatur, tempat yang tidak boleh berisik, dan terkesan kaku,” tuturnya.

Pada perpustakaan modern, selain koleksi digital yang lebih dominan, perpustakaan lebih berperan sebagai diseminator ilmu pengetahuan, seni, dan budaya, seperti expo, pameran lukisan, pentas wayang dan tari, pemutaran film dan workshop penulisan ilmiah serta bazar.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama, Prof. Suharso menyampaikan, Unila sebagai bagian dari Provinsi Lampung telah menorehkan berbagai prestasi sebagai top ten university Indonesia. Sejumlah alumni tersebar dan turut berkontribusi untuk Indonesia, khususnya provinsi Lampung.

“Telah terjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan akan terus berlangsung di berbagai bidang. Beberapa di antaranya bidang pendidikan, sosial, dan pertanian, mulai hulu hingga hilir,” ujarnya.

Universitas Lampung, lanjutnya, sebagai tuan rumah Perpustakaan Unila Expo 2022 berharap kegiatan ini bisa menjadi pemantik dan pondasi dalam membangun peradaban Indonesia maju sesuai dasar Pancasila yang mendukung kemajuan sains, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

Dalam mengimplementasikan tema yang diusung, Suharso menambahkan, expo ini menampilkan sejumlah pameran lukisan dan karya arsitektur dengan jumlah 80 lebih lukisan oleh Anshori Djausal, Riana Arinal, dan beberapa karya tokoh lainnya.

Untuk karya arsitektur merupakan hasil karya para dosen dan mahasiswa Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Unila. Selain itu, terdapat pentas tari Lampung dari Program Studi Seni Tari FKIP Unila, pemutaran film karya sineas Lampung, serta Wayang Sekelik oleh DKL.

Adapun kegiatan ilmiah lainnya yakni workshop penulisan ilmiah dan penelusuran pustaka dengan narasumber dari Universitas Negeri Semarang serta pameran produk teknologi Unila dengan menampilkan mobil listrik Unila EVU-01. [Humas/Riky]

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *