Sembilan Dosen Unila Tuntas Ikuti Pelatihan Asesor ASIIN Expert

banner 120x600
banner 468x60

 40 total views

Bandarlampung,-Sembilan dosen Universitas Lampung (Unila) terus melakukan pengembangan sumber daya manusia, termasuk dalam sistem penjaminan mutu eksternal berstandar insternasional.

banner 325x300

Kegiatan ini dilaksanakan Unila dengan mengirimkan sembilan dosen untuk mengikuti ASIIN Expert Training yang diselenggarakan Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN yang bermarkas di Jerman.

Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN adalah member dari Extemal Quality Assurance Results (EQAR) yang diakui kementerian melalui Kepemendikbud Nomor 83 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

“Sesuai dengan surat pengugasan Pak plt. rektor, LP3M memfasilitasi untuk mengirimkan sembilan dosen Unila untuk mengikuti kegiatan ASIIN Expert Training ini,” tutur Prof. Wan Abbas Zakaria, Ketua LP3M Unila.

Selengkapnya, Ketua LP3M menyebutkan, kesembilan dosen tersebut berasal dari empat tenaga fungsional LP3M, yaitu Priyambodo, M.Sc. dan Winda Rahmawati, M.Si. (Pusat Akreditasi Nasional dan Internasional), Dr. Melya Riniarti, dan Iqbal Firdaus, M.Si. (Pusat Penjaminan Mutu).

Lima lainnya berasal dari lima fakultas yang mencakup dalam bidang yang dapat diakreditasi ASIIN, yaitu Dr. M. Setyarini (FKIP), Rara Diantari, M.Sc. (FP), Dr. Diah Permata (FT), Endang Linirin Widiastuti, Ph.D. (FMIPA), dan dr. Hanna Mutiara, M.Kes. (FK).

Kegiatan ASIIN Expert Training merupakan pelatihan yang diselenggarakan ASIIN secara terbuka bagi dosen/praktisi industri di seluruh dunia pada bidang cakupan akreditasi ASIIN.

Antara lain meliputi teknik, ilmu alam, ilmu formal, ilmu pertanian, ilmu teknik, ilmu kedokteran, dan bidang-bidang yang bersesuaian.

Pelatihan dilaksanakan pada tiga sesi, yaitu sesi satu yang diselenggarakan dua hari berisi pemaparan materi dan diskusi; sesi dua terdiri atas 14 hari penugasan mandiri dan/atau terbimbing; dan sesi tiga terdiri atas satu hari untuk pembahasan penugasan mandiri, kerja kelompok, role play kegiatan on-site visit, dan evaluasi.

Goal akhir kegiatan ini adalah sumber daya manusia yang paham akan standar dan kriteria internasional dalam akreditasi pendidikan tinggi dan penjaminan mutu sesuai standar European Standards and Guidelines (ESG).

Peserta yang berhasil pada pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat ASIIN Expert, dan dapat bertindak sebagai peninjau profesional dalam prosedur penjaminan mutu di negara asal dan sekitarnya. [Humas/Rilis]

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *