Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bandarlampung

Meriahkan HUT RI dan HDKD ke-77 Kemenkumham Gelar Berbagai Lomba Tradisional

15
×

Meriahkan HUT RI dan HDKD ke-77 Kemenkumham Gelar Berbagai Lomba Tradisional

Share this article
Example 468x60
Spread the love

Loading

Bandarlampung,-Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dirangkaikan Hari Kemenkumham ‘HDKD’ ke-77 tahun 2022 ini, diseluruh jajaran kementerian Hukum dan HAM RI disemarakkan dengan penggelaran berbagai perlombaan tradisional, seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, balap bakiak dan fun game lainnya.

Example 300x600

Sekjen Kemenkumham RI, Komjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, semarak hari kemerdekaan RI dan HDKD berupa pelaksanaan lomba penting dilaksanakan. Sebab, mengajarkan seluruh insan pengayoman tentang nilai-nilai yang memiliki makna berharga.

Komjen Pol Andap Budhi Revianto mencontohkan, pada lomba panjat pinang, mengajarkan masyarakat tentang gotong royong diantara sesama anggota tim, kerja keras, harus memiliki sikap pantang menyerah, rela berkorban dan bersemangat tinggi untuk mencapai puncak pinang.

Selanjutnya, kata Andap, lomba tarik tambang. Lomba ini sangat bermanfaat untuk memperkuat soliditas dan mempererat hubungan, sekaligus mengajarkan sifat suportif, kerja sama dan kepemimpinan dalam mengatur strategi. Serta mendengarkan pimpinan untuk menjalankan strategi yang telah dirembukkan.

“Kemudian balap karung. Ketika balap karung, ada kalanya seorang peserta terjatuh saat berlari. Kemudian harus bangkit lagi hingga akhirnya berhasil dan sukses mencapai garis finish. Ini merupakan sebuah gambaran bagi kita dan dapat dimaknai bahwa kita harus memiliki semangat yang menggelora dan pantang menyerah untuk mencapai titik akhir/garis finish,” tutur Andap.

Lomba berikutnya, balap bakiak. Olahraga tradisional ini dapat dimaknai sebagai pengasah kerja sama tim yang dipadukan dengan ketangkasan. Kerja sama anggota tim dan ketangkasan sangatlah diperlukan, agar suatu kelompok dapat berjalan dengan harmonis dan seirama, dapat berjalan dengan cepat tetapi  tidak terjerembab jatuh.

“Pada akhirnya, berbagai lomba ini tidak hanya sekadar kita bereuforia, tapi juga harus dapat menghayati maknanya,” ujarnya. Andap menambahkan momen menyemarakkan hari kemerdekaan dan HDKD tahun  ini, juga menjadi wadah untuk bersilaturahmi setelah sekian lama tersandera Covid-19.

Terpenting, semua hal itu sebagai pembelajaran yang sekaligus menuntut kebersamaan kita untuk mewujudkan Kemenkumham yang semakin baik dari waktu ke waktu. “Ini sebagai mana tema peringatan Hari Kemenkumhan ke 77 tahun ini: Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK,” ungkap Sekjen Kemenkumham RI. (Rls)

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *