Gubernur Arinal Buka PRA POPNAS Zona II Lampung Tahun 2022

banner 120x600
banner 468x60

 34 total views

BANDARLAMPUNG—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PRA POPNAS) Zona II Lampung Tahun 2022, di Gedung Bagas Raya, Bandar Lampung, Kamis (13/10/2022).

banner 325x300

Pra POPNAS merupakan ajang pembibitan atlet muda daerah menuju pentas olahraga Nasional dan Internasional. Pra POPNAS Zona II Lampung diikuti oleh Kontingen dari Provinsi Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bengkulu dan Kalimantan Barat.

Pra POPNAS Zona II Lampung akan berlangsung mulai dari tanggal 13 hingga 20 Oktober 2022 dengan mempertandingkan 8 Cabang Olahraga yakni Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis dan Tinju.

Pra POPNAS sendiri akan dibagi menjadi lima zona, yaitu Zona 1 akan dilaksanakan di Jakarta, Zona 2 di Lampung, Zona 3 Kalimantan Selatan, Zona 4 Kalimantan Timur, dan Zona 5 Sulawesi Tenggara.

Mengawali sambutannya, Gubernur Arinal Djunaidi mengucapkan selamat datang kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta kepada seluruh Kontingen peserta Pra Pekan Olahraga Nasional (PRA POPNAS) Zona II tahun 2022, yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Bengkulu dan Kalimantan Barat.

“Alhamdulillah, Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun 2022 diberikan kepercayaan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk menyelenggarakan Multi Event PRA POPNAS Zona II. Insya Allah kami dapat mensukseskan penyelenggaraan Pra POPNAS Zona II tahun 2022,” ucap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh berkembangnya dunia olahraga dan prestasi para atlet Lampung.

“Pemerintah Provinsi Lampung dalam waktu dekat ini, Insya Allah pada tahun 2023 akan membangun sport center yang akan menjadi bagian dari event-event olahraga baik ditingkat Nasional maupun Internasional,” lanjutnya.

Event Pra POPNAS ini, menurut Gubernur selain sebagai ajang mengukur kemampuan dan mengukir prestasi, juga diharapkan akan melahirkan calon atlet nasional yang akan membela Merah Putih di kompetisi olahraga dunia.

“Kepada seluruh peserta yang bertanding, saya minta untuk menunjukan kemampuan terbaik, junjung tinggi sportivitas dan fair play, selama mengikuti kejuaraan, semoga event ini akan membuka jalan bagi kalian untuk menunjukkan bakat dan potensi diri dengan dengan meraih prestasi terbaik,” ucap Gubernur.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Dr. Samsudin, M.Pd. pada sambutannya mengajak segenap peserta yang hadir untuk mengheningkan cipta sejenak dan berdoa untuk saudara-saudara kita yang telah meninggal dunia pada tragedi Kanjuruhan Malang beberapa waktu yang lalu.

Samsudin juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah sedang melakukan reformasi dibidang olehraga dengan mengganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Olahraga, yang mana undang-Undang tersebut mencakup Desain Besar Olahraga Nasional, seperti pembinaan atlet sedini mungkin dengan perioritas pada cabang olahraga tertentu, dan adanya lembaga independen/mandiri tentang penyelesaian sengketa olahraga.

Adapun, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya PRA POPNAS ini adalah sebagai bahan evaluasi pembinaan olahraga pelajar di daerah menuju POPNAS tahun 2023.

“PRA POPNAS ini juga sebagai babak kualifikasi 8 cabang olahraga untuk lolos mengikuti POPNAS tahun 2023 di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, serta menumbuhkembangkan semangat persahabatan diantara peserta PRA POPNAS Zona II Tahun 2022,” tutupnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *