Gubernur Arinal Buka Acara Sinergi dan Kolaborasi

banner 120x600
banner 468x60

 34 total views

Bandarlampung – Gubernur Arinal Djunaidi membuka acara Sinergi dan Kolaborasi Wujudkan Pemberdayaan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) Berkelanjutan Kemenkeu Satu Lampung 2022, di Kantor Wilayah DJP Bengkulu dan Lampung, Selasa (18/10/22).

banner 325x300

Gubernur Arinal menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya acara yang dilaksanakan Kementerian Keuangan RI tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas para pelaku UKM.

“Pameran ini bertujuan sebagai sarana untuk pengenalan usaha dan produk UMKM, sebagai survei pasar untuk mengukur seberapa besar peluang diterimanya produk UMKM, juga peluang untuk membangun kerja sama bisnis, ” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur melanjutkan dengan mengikuti pameran ini, diharapkan UMKM dapat lebih meningkatkan daya saing dan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen, sehingga diterima oleh masyarakat luas yang pada akhirnya memberikan nilai tambah bagi para pelaku UMKM.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga mengungkapkan pengendalian tingkat inflasi daerah yang menjadi fokus Pemerintah Provinsi dan Daerah Lampung, mencapai hasil yang maksimal karena dukungan dan kerjasama semua pihak.

“Sektor UMKM sebagai salah satu penopang perekonomian dan mengingat potensi komoditi pangan, perkebunan dan UMKM Lampung yang begitu besar, ” Pungkasnya.

Gubernur Arinal dalam kesempatan yang sama mengungkapkan rencana pembangunan pusat pasar UMKM yang terintegrasi dan dibiayai perbankan. Gubernur mengajak Kementerian Keuangan serta Kementerian/Lembaga terkait lainnya untuk bersinergi dan berkolaborasi.

“Kita dukung UKMK untuk lebih maju lagi karena SDM-nya sudah terlatih, pasarnya dekat dengan Jakarta, Bangka Belitung, dan Provinsi lainnya di Sumatera, bahan bakunya tersedia. Oleh karena itulah, Lampung harus bangkit,” tutup Gubernur.

Sementara Staf Ahli Kementerian Keuangan bidang Penerimaan Negara Oza Olavia menjelaskan bahwa melalui acara ini, Kementerian Keuangan mencoba untuk mengkolaborasikan terkait upaya dalam mendorong UMKM serta membangun sinergi antara Kementerian Keuangan secara keseluruhan dengan Pemerintah Daerah melalui dinas-dinas terkait di Provinsi Lampung.

Oza Olavia juga menjelaskan, Kementerian Keuangan berupaya mendukung sektor UMKM Lampung yang sudah baik agar menjadi lebih baik lagi, sehingga Lampung menjadi penyokong UMKM terbaik dan memberi manfaat bagi Provinsi lainnya di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Staf Ahli Kementerian Keuangan bidang Penerimaan Negara Oza Olavia menyerahkan Piagam Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2021 dari Kementerian Keuangan kepada Gubernur Lampung dan sejumlah Kabupaten/kota se Provinsi Lampung Atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021 dengan Opini WTP.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal juga melakukan Penandatanganan Pembangunan Zona Integritas Kementerian Keuangan Provinsi Lampung.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPD RI Ahmad Bastian, Forkopimda Lampung, Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Tri Bowo, Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Lampung Dody Fachrudin, Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung dan Direktur KUKMR BPDPKS Zaid Burhan Ibrahim.(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *