Sekdaprov Buka Penyusunan Laporan Keuangan, Standar Akuntansi Pemerintahan

banner 120x600
banner 468x60

 42 total views

Bandarlampung —-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, membuka Workshop Peningkatan Pemahaman Penyusunan Laporan Keuangan terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan, yang diikuti oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kab/Kota se-Provinsi Lampung, di Ballroom Hotel Emersia, Rabu (19/10/2022).

banner 325x300

Pada kesempatan itu, Fahrizal menekankan pentingnya pembuatan laporan keuangan karena merupakan gambaran kinerja Pemerintah Daerah.

Melalui laporan keuangan, pemerintah daerah bisa melihat hal-hal yang harus diperbaiki untuk kepentingan proses perencanaan dan penganggaran di tahun berikutnya.

Menurut Fahrizal, guna mewujudkan akuntabilitas pertanggung-jawaban pelaksanaan APBD, dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku yang sesuai dengan yang diamanatkan dalam menjalankan tugas.

“Laporan yang bagus itu penting, laporan bukan hanya sekadar menyajikan angka-angka. Namun laporan yang bagus adalah dapat menggambarkan secara jelas dan dapat dimengerti oleh masyarakat,” ujarnya.

Rendahnya kualitas laporan keuangan, lanjut Fahrizal, dapat memberikan informasi yang tidak akurat dan berakibat kesalahan dalam perumusan kebijakan dan berdampak negatif terhadap penilaian kinerja pemerintah daerah.

Fahrizal berharap setelah mengikuti kegiatan workshop ini ada perubahan dan peningkatan kualitas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD di Kabupaten dan Kota.

Sebab, laporan keuangan merupakan alat untuk menjaga sinkronisasi dari proses perencanaan hingga pertanggungjawaban yang dilakukan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Marindo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menyeleraskan pemahaman dan pengetahuan dalam membuat pelaporan yang berkualitas. Hal ini untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan daerah.

“Dalam kegiatan ini, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Lampung selaku pelaksana kegiatan workshop mengundang anggota kelompok kerja komite Standard Akuntansi Pemerintahan (SAP), Rahadian Widagdo, serta Agung Ariyanto,” ujarnya. (Adpim)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *